Point Penting Yang Harus Diperhatikan Untuk Memilih Hobi Kita !

Share:
Memiliki hobi, merupakan kebiasaan dari semua orang didunia. Tetapi kadang kala nya hobi tidak selalu seiring dengan kehidupan kita, sehingga sering kali hobi menjadi batu penganghalang untuk menuju satu kesuksesan. Tapi sering kali juga terjadi, hobi menjadi sekaligus pekerjaan yang mendatangkan banyak keuntungan. Jadi kita harus pandai pandai untuk memilih hobi kita. Banyak hobi yang bisa kita lakukan contoh nya bermain futsal, bermain bola basket dan lain nya. 

Terkadang kita tersandung pada hobi. Ini bisa berhasil dengan baik, tetapi Anda juga dapat mengambil pendekatan yang lebih reflektif disengaja untuk memilih hobi. Cobalah pertanyaan-pertanyaan ini untuk lebih memahami dengan tepat apa yang Anda cari dalam hobi yang sempurna.

1. Biaya

Hobi dapat menghabiskan biaya, menghasilkan uang, atau memiliki dampak keuangan yang netral. Apakah ini penting bagi Anda? Beberapa orang menyukai hobi yang menghasilkan uang ekstra (mis., Membuat dan menjual barang-barang buatan tangan, bermain musik di pesta pernikahan, melatih olahraga, menulis ebook). Bagi orang lain, hobi yang menghasilkan uang dengan cepat mulai terasa seperti pekerjaan sampingan dan tidak menyenangkan lagi. Anda mungkin memiliki ambang untuk pengeluaran: misalnya, Anda baik-baik saja dengan hobi yang harganya hingga $ 500 per tahun. Jawaban untuk pertanyaan ini baik-baik saja. Pertanyaannya hanyalah tentang memahami preferensi dan anggaran Anda.

Kiat: Jika Anda tertarik pada hobi yang menghasilkan uang, lihat daftar "gagasan sampingan" raksasa ini. Kadang-kadang hobi yang secara tradisional membutuhkan uang dapat diubah menjadi versi menghasilkan uang atau pendapatan netral, seperti membalik sepeda motor daripada hanya mengumpulkannya, atau mengajarkan keterampilan yang Anda miliki.

2. Waktu

Beberapa hobi secara realistis membutuhkan investasi waktu minimum. Anda tidak bisa berlatih maraton dalam satu jam seminggu. Apakah Anda mencari hobi yang hanya akan menghabiskan 1 hingga 2 jam per minggu, 2 hingga 5 jam, atau lebih dari 5 jam? Jika Anda sudah pensiun atau memiliki waktu luang, Anda mungkin mencari hobi yang lebih menyita waktu, sedangkan jika Anda memiliki banyak tuntutan waktu, Anda mungkin menginginkan kegiatan yang tidak banyak waktu.

3. Kapan Anda ingin berpartisipasi dalam hobi Anda?

Seperti halnya komitmen waktu keseluruhan, Anda mungkin menginginkan hobi yang dapat Anda lakukan pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, Anda sudah memiliki banyak hobi luar ruangan selama bulan-bulan hangat tetapi Anda sedang mencari kegiatan yang dapat Anda lakukan di tengah musim dingin. Atau, Anda mungkin hanya punya waktu untuk hobi ketika anak-anak Anda di sekolah atau selama waktu kerja Anda lebih tenang. Beberapa orang menyukai hobi yang dapat mereka tambahkan ke jadwal reguler mereka, tetapi jika Anda memiliki kecenderungan pemberontak Anda mungkin tidak menyukai hobi yang mengharuskan Anda berkomitmen untuk berada di suatu tempat pada waktu / hari tertentu secara berkelanjutan.

4. Kontak sosial

Jika Anda memiliki pekerjaan yang sangat sosial, Anda mungkin mencari hobi yang tidak memerlukan interaksi sosial lebih lanjut. Anda mungkin ingin merajut di depan TV Anda. Di sisi lain, jika pekerjaan Anda sendirian, Anda mungkin mencari hobi yang akan membantu Anda bertemu orang-orang dan berteman. Dalam hal ini, Anda mungkin memiliki preferensi untuk apakah hobi Anda melibatkan interaksi dengan orang lain secara online atau secara langsung. Baik tidak apa-apa, hanya itu pilihan Anda.

5. Tipe orang apa yang ingin Anda ajak berinteraksi?

Tipe orang seperti apa yang Anda inginkan untuk berinteraksi sebagai bagian dari hobi Anda?

Mungkin tempat kerja Anda cukup konservatif dan Anda ingin lebih banyak kontak dengan orang-orang yang ramah lingkungan, Mungkin pekerjaan Anda sangat intelektual dan Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang melihat kehidupan dari perspektif yang kurang intelektual. Anda ingin melakukan hal-hal dengan tangan Anda dan tidak terlalu banyak berpikir.

Mungkin Anda seorang pengacara yang mengenakan celana panjang untuk bekerja setiap hari dan Anda ingin menghabiskan waktu luang Anda di sekitar orang-orang yang berbagi gaya beruntun Anda. Mungkin grup teman utama Anda cukup materialistis dan Anda ingin kontak yang lebih besar dengan orang-orang yang lebih minimalis.

Anda mungkin memiliki gagasan tentang tipe orang yang biasanya Anda sukai. Saya suka hobi yang menarik orang-orang dengan spektrum penuh keyakinan politik, untuk membantu menangkal gelembung filter yang begitu mudah untuk terjalin dengan persahabatan dan lingkaran karier. Di sisi lain, saya memiliki preferensi lama untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki insting DIY yang kuat. Saya wiraswasta dan kebanyakan bergaul dengan orang-orang wiraswasta lainnya. Corak independen ini cenderung menjadi tema yang cukup konsisten dalam tipe orang yang paling saya sukai.

pikirkan sisi-sisi diri Anda di mana sifat-sifat itu tidak dibagikan oleh sebagian besar teman dan kolega Anda saat ini. Satu hal yang saya sebutkan dalam buku saya, The Healthy Mind Toolkit, adalah bahwa kebanyakan orang di bidang pekerjaan saya cenderung bersikap hati nurani dan tidak terlalu berani mengambil risiko. Saya biasanya lebih suka hobi yang membuat saya berhubungan dengan orang-orang yang lebih berani mengambil risiko dan yang kurang peduli dengan aturan. Saya suka kontras dan jalan keluar untuk sisi lain kepribadian saya, yang membawa saya ke poin saya berikutnya.

6. Sisi diri Anda yang mana yang tidak Anda ungkapkan banyak melalui pekerjaan dan hobi Anda saat ini?

Saya suka hobi yang melibatkan matematika. Pekerjaan saya saat ini melibatkan kata-kata (jelas) tetapi sebagai anak kecil saya sangat menyukai matematika. Apa pun yang Anda lakukan untuk pekerjaan, Anda mungkin menginginkan jalan keluar untuk keterampilan dan kekuatan Anda yang lain, apakah terkait dengan kreativitas, fisik, atau hubungan dan pembangunan komunitas, dll.

No comments